Apa Itu Glaukoma, Penyebab Dan Gejalanya Pada Mata Manusia ~ www.ladabra.com

Penyebab Glaukoma dan Gejalanya
Penyebab Glaukoma dan Gejalanya

Penyebab Glaukoma dan Gejalanya ~ Tak dipungkiri mata merupakan organ yang sangat diperlukan manusia dalam aktifitas sehari-hari. Oleh karena itulah kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan mata. Ketika terjadi gangguan pada mata tentu saja akan berdampak pada kegiatan keseharian. Salah satu gangguan pada mata yang sering ditemukan adalah Glaukoma.

Glaukoma termasuk kedalam penyakit penyebab kebutaan terbesar kedua di Indonesia setelah Katarak. Jika pada kebutaan akibat katarak masih bisa diatasi dengan menjalani operasi penggantian lensa mata, tetapi pada kasus kebutaan akibat glaukoma tidak bisa diobati dan bersifat permanen. Salah satunya jalan untuk menghindari glaukoma adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini bisa dengan pemeriksaan mata dengan rutin ataupun menjaga asupan makanan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Glaukoma Dan Penyebabnya

Glaukoma adalah gangguan pada penglihatan yang ditandai dengan pembesaran bola mata. Pembesaran bola mata ini disebabkan karena tidak seimbangnya antara produksi dan pembuangan cairan pada mata. Seringnya pembesaran mata ini kemudian menekan syaraf halus mata sehingga aliran darah ke mata terganggu. Hal ini tentu saja menyebabkan sel sel jaringan mata mengalami kehilangan fungsinya.

Penyebab Glaukoma dan Gejalanya
Penyebab Glaukoma dan Gejalanya

Glaukoma juga sering disebut sebagai “si pencuri penglihatan”, karena memang perkembangannya tidak disertai gejala awal. Akibatnya sekitar 50 %  dari kasus glaukoma tidak disadari keberadaannya hingga ketahap yang lebih parah.

Kemungkinan seseorang terkena glaukoma dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti usia, keturunan, kondisi penyakit tertentu seperti diabetes dan hipertensi, cedera tertentu/operasi mata sebelumnya, rabun jauh, tekanan bola mata tinggi.

Jenis- Jenis Glaukoma

Glaukoma secara umum dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Glaukoma sudut Tertutup (Akut). Glaukoma jenis ini sangat jaran ditemui. Glaukoma sudut tertutup terjadi secara tibab-tiba. Saluran pembuangan cairan mata terhalang karena sudut di antara iris dan kornea terlalu menyempit. Keadaan tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan intraokular secara mendadak. Glaukoma jenis ini ditandai dengan gejalanya yang sangat mengganggu seperti sakit pada mata, kepala pusing, mual bahkan muntah. Pada keadaan parahnya, glaukoma sudut tertutup dapat menyebabkan kebutaan tiba-tiba.
  2. Glaukoma Sudut Terbuka (Kronis). Glaukoma jenis ini adalah glaukoma yang sering dijumpai dimasyarakat. Perkembangannya bisa terjadi dalam waktu yang lama bahkan sampai bertahun tahun serta tanpa diikuti gejala tertentu. Oleh karena itu glaukoma sudut terbuka sering tidak diketahui. Biasanya diturunkan dari keluarga. Disebut “sudut terbuka” karena saluran pembuangan cairan mata masih terbuka walau sebagian saluran ini di sudut mata mulai menyempit.

Gejala Penyakit Glaukoma Pada Mata

Gejala glaukoma ada yang terjadis ecara tiba-tiba maupun baru menunjukkan gejalanya ketika telah mencapai tingkat yang parah. Hal ini tergantung dari jenis glaukoma yang diderita. Namun secara umum gejala glaukoma pada mata ditunjukkan dengan gejala-gejala sebagai berikut :

  •  Sakit pada mata secara tiba-tiba bisa terjadi pada salah satu mata maupun keduanya.
  • Penglihatan menurun dari waktu ke waktu
  • Melihat bayangan lingkaran hitam ketika melihat cahaya atau lampu
  • Mengalami mual bahkan disertai dengan muntah-muntah
  • Menurunnya penglihatan pada kedua tepi mata sebelum akhirnya semakin menyempit tunnel vision.

Kerusakan mata akibat glaukoma memang tidak dapat diperbaiki. Namun pengobatan yang dilakukan dapat membantu mengurangi tekanan pada bola mata dan mencegah meluasnya kerusakan pada mata.

Penyebab Glaukoma dan Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *