Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai ~ ladabra.com

Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium
Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium

Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium ~ Jika berbicara mengenai kista mungkin sebagian orang akan langsung berfikir penyakit pada area reproduksi wanita. Pemikiran itu tidak sepenuhnya salah dan tidak juga sepenuhnya benar. Memang ada jenis penyakit kista yang menyerang reproduksi wanita yaitu Kista Ovarium. Namun pada dasarnya kista tidak hanya dapat tumbuh pada bagian reproduksi wanita saja tetapi dapat tumbuh pada bagian tubuh lainnya.

Apa Itu Kista Ovarium ?

Sebelum menuju ke inti pembahasan mengenai kista ovarium, akan lebih baik jika kita mengenal dulu apa itu kista secara umum. Kista merupakan pertumbuhan jaringan abnormal pada bagian tubuh manusia. Jaringan abnormal ini berbentuk seperti kantung yang didalamnya berisi semacam cairan baik bening ataupun  kecoklatan (endometriosis) bahkan ada juga yang berisi semacam rambut ataupun udara saja. Yang perlu menjadi catatan ialah kista bisa tumbuh dan berkembang dimana saja biasanya berupa benjolan sehingga menyebabkan kista terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dimana tempat tumbuhnya.

Berkaitan dengan kista ovarium, Sudah dapat dipastikan bahwa tempat tumbuhnya adalah pada rahim wanita. Kista ovarium ini sering dikaitkan dengan masalah kesuburan pada wanita, tetapi nyatanya tidak semua wanita yang mengidap kista pada rahimnya mengalami kesulitan kehamilan. Wanita dengan kista akan cenderung sulit hamil ketika sepasang sel indung telur ditumbuhi kista dan mengalami pembesaran. Sederhananya, jika yang terkena kista hanya salahsatu dari sel indung telur saja, maka kemungkinan hamil masih bisa terjadi.

Penyebab tumbuhnya kista sampai sekarang masih belum diketahui, namun sebagian  besar pakar kesehatan menghubungkan beberapa faktor dengan kemungkinan tumbuhnya kista. Faktor tersebut diantaranya faktor lingkungan, pola hidup serta masa produktif karena produksi hormon estrogen yang cenderung meningkat.

Baca Juga : Obat Kista Ovarium

Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium Pada Wanita

Meski termasuk  kedalam kategori tumor jinak, bukan berarti kista ovarium tidak patut diwaspadai oleh setiap wanita. Pasalnya kebanyakan dari kasus kista ovarium baru hanya diketahui secara tidak sengaja saat pemeriksaan. Artinya kista hanya dapat dideteksi dengan beberapa pemeriksaan klinis karena pertumbuhan awalnya belum menimbulkan gejala atau ciri tertentu. Untuk itu, selalu disarankan agar memeriksa kesehatan reproduksi terutama ketika mulai merasakan adanya gejala yang tidak wajar  pada area sekitar reproduksi anda.

Sebagai pengetahuan berikut adalah beberapa Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium yang sering dialami oleh wanita :

  • Pada jenis kista yang mengalami pembesaran, akan terasa seperti perut penuh atau kembung jika diraba terasa seperti ada benjolan
  • Nyeri ketika  memasuki masa haid ataupun pada masa  akhir haid
  • Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti yang Anda alami selama kehamilan.
  • Sering buang air kecil karena pertumbuhan kista menekan kandung kemih
  • Nyeri yang tidak biasa ketika melakukan hubungan suami istri
  • Sakit pinggang menjalar sampai ke paha.

Diatas adalah beberapa ciri maupun gejala pada kista ovarium. Ketika anda menyadari salah satu dari  ciri-ciri tersebut terjadi pada anda, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter terdekat dan lakukan pemeriksaan. Meski kista tidak akan berubah menjadi kanker tetapi pencegahan sejak dini sangatlah penting mengingat kebanyakan pertumbuhannya tidak disadari.

Untuk melakukan pencegahan dini terhadap ksta ovarium biasanya dapat dilakukan dengan menjalani serangkaian tes medis seperti :

  • Utrasonografi (USG). Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan kista dan mengetahui ukurannya. Pada prosesnya biasanya dokter akan  menempatkan alat USG pada perut Anda dan isi rongga perut atau panggul Anda bisa terlihat pada tampilan layar monitor.
  • CT Scan dan MRI jika diperlukan namun sering tidak dilakukan karena pertimbangan biaya.
  • Pemeriksaan ginekologik untuk mengetahui keberadaan kista pada ovarium

Kista ovarium tidak selalu membutuhkan penanganan medis, karena ada jenis kista yang dapat menghilang dengan sendirinya atau biasa juga disebut kista fungsional. Kista jenis ini berkaitan dengan siklus haid dan biasanya akan mengecil dan menghilang seiring waktu.

MMeskipun tidak termasuk ganas akan tetapi pertumbuhan kista ovarium tentunya sangat mengganggu apalagi jika mulai membesar. Kesadaran diri akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi sangatlah diperlukan terutama ditunjang dengan perbaikan pola hidup dan konsumsi makanan yang sehat serta menghindari makanan berkolestrol tinggi.

Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *