Condiloma : Waspadai Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Dan Kenali Ciri-Cirinya – ladabra.com

Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam
Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam

Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam ~ Semua orang mungkin sudah sangat mengenal tumbuhnya jaringan seperti bintil kecil atau biasa kita sebut dengan kutil. Diantaranya ada yang dapat tumbuh membesar ada yang tidak.

Jika selama ini kita hanya menganggap kutil hanya tumbuh dipermukaan kulit yang terlihat saja, maka anggapan itu sangatlah salah. Karena pada kenyataannya kutil juga bisa menyerang organ genital manusia.

Condiloma akuminata mungkin terdengar asing ditelinga tetapi ini merupakan sejenis penyakit yang biasa menyerang alat kelamin. Condiloma acuminata sering disebut juga jengger ayam atau kutil kelamin.

Penamaan jengger ayam disebabkan karena pertumbuhan Condiloma acuminata yang melebar sehingga tampak seperti jengger ayam. Apa itu penyakit jengger ayam atau kutil kelamin serta bagaimana ciri-cirinya akan dibahas dalam artikel ini.

Baca juga : Cara mengobati Penyakit Kondiloma

Penyakit Jengger Ayam Penyebab dan Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam. Penyakit jengger ayam atau Condiloma adalah pertumbuhan sel jaringan abnormal yang berbentuk kutil atau bintil dengan permukaan yang berlekuk dan menyerang daerah genital. Penyakit ini termasuk kedalam infeksi menular seksual karena dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Kondiloma bisa menyerang siapa saja tanpa memandang gender, jadi baik pria maupun wanita beresiko sama dalam menderita kondiloma. Terdapat perbedaan tempat pertumbuhan kondiloma pada pria dan wanita.

Jika pada pria daerah yang sering terserang kondiloma adalah daerah glans penis (kepala penis), lekukan antara kepala dan batang penis (sulkus koronarius), jaringan tipis di bawah ujung saluran kencing (frenulum), batang penis dan adakalanya di sekitar anus.

Sedangkan pada wanita, tempat yang paling digemari Condyloma acuminata diantaranya: labium (bibir vagina), vagina dan dapat juga mengenai serviks.

Penyebab

Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam. Kondiloma atau penyakit  jengger ayam sejatinya disebabkan karena Human Paviloma Virus (HPV) yang sampai saat ini telah terdeteksi sekitar 120 subtipe dari HPV. Namun tidak semua virus ini dapat menyebabkan kondiloma.

Dari berbagai kasus yang sering dijumpai, 90 % penderita penyakit kondiloma disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Sedangkan pada wanita, tipe 16 dan 18 bisa menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim (ditunjukkan dengan hasil Pap-smear yang abnormal) atau kanker pada vagina, vulva, dubur, penis,mulut, tenggorokan atau kerongkongan.

Penyakit jengger ayam bisa merambah keseluruh dunia tanpa memandang ras atau jenis kelamin. Dilihat dari kasusnya kondiloma kebanyakan menyerang mereka pada kelompok berusia dewasa aktif yaitu sekitar usia 20 sampai 3 0 tahun keatas.

Hal ini mungkin berkaitan dengan kematangan oragan seksual serta aktifitas seksual itu sendiri. Penularan penyakit kondiloma dapat terjadi melalui kontak langsung seperti hubungan seksual, kontak dari mulut ke organ kelamin, dari jari ke organ kelamin dan sebaliknya.

Gejala dan Ciri Penyakit Jengger Ayam

Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam. Setelah seseorang tertular virus papiloma tidak serta merta langsung menyebabkan gejala tertentu, tetapi virus akan melalui masa inkubasi yang lamanya sekitar 3 minggu sampai 8 bulan dengan masa rata-rata 3 bulan.

Setelah masa inkubasi selesai gejala kecil mulai muncul dan sangat mudah dikenali sebagai ciri kondiloma yaitu dengan tumbuhnya kutil-kutil yang pemukaannya berlekuk atau berjonjot pada area kelamin dan sekitarnya. Kutil kondiloma bisa tumbuh berkelompok dan saling berdekatan sehingga akan tampak seperti bunga kol.

Pada umumnya condyloma acuminata berwarna kemerahan, coklat kemerahan, keabu-abuan hingga ada yang berwarna kehitaman. Jika mengalami infeksi sekunder (oleh garukan, gesekan atau sebab lain), condyloma acuminata berubah warna menjadi kehitaman, mudah berdarah dan menimbulkan bau tak sedap.

Semakin meningkatnya penderita penyakit menular seksual sehendaknya menjadi perhatian bagi kita untuk pandai menjaga kesehatan diri serta kesehatan organ genital.

Menghindari seks beresiko dan setia terhadap pasangan adalah cara yang terbaik dalam menghindari penyakit infeksi menular seksual yang salah satunya adalah kondiloma atau si jengger ayam.

Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *