Kenali Penyebab Radikal Bebas Dan Bahayanya Bagi Kesehatan | Info ladabra.com

Kenali Penyebab Radikal Bebas Dan Bahayanya Bagi Kesehatan
Kenali Penyebab Radikal Bebas Dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Kenali Penyebab Radikal Bebas Dan Bahayanya Bagi Kesehatan ~ Anda pasti sering menemukan wacana soal radikal bebas, baik itu di artikel – artikel kesehatan, majalah, iklan tv dan sebagainya. Banyak diantara informasi tersebut mengemukakan bahaya radikal bebas untuk kesehatan. Tetapi, apakah anda mengetahui apa sebenarnya radikal bebas itu dan apa penyebab terbentuknya radikal bebas ?. Pada artikel ini akan dibahas mengenai kedua hal tersebut agar sedikitnya kita tahu mengenai  radikal bebas dan penyebabnya.

Radikal Bebas Dan Penyebabnya

Semakin berkembangnya  teknologi berimbas  pada berbagai faktor kehidupan manusia. Salah satunya faktor kesehatan. Betapa tidak, menjamurnya  hutan beton diperkotaan sering kali tidak memperhatikan kerusakan yang ditimbulkan pada lingkungan. Belum lagi jika dikaitkan dengan limbah industri maupun rumah tangga, asap kendaraan bermotor. Kesemua hal itu merupakan faktor timbulnya radikal bebas dimana – mana.

Radikal bebas ialah semacam molekul atom tunggal yang sangat aktif  serta periode hidupnya  singkat. Radikal bebas bersifat tidak stabil akibat dari kehilangan molekul elektron pasangannya. Oleh sebab itu radikal bebas akan selalu mencari pasangan molekul elektron lainnya. Termasuk bereaksi biokimia dengan sel tubuh. reaksi tersebut sering disebut reaksi oksidasi. Disini lah berbahayanya radikal bebas bagi tubuh. Jika radikal bebas sudah beroksidasi dengan sel tubuh tersebut maka sel jaringan rtubuh akan kehilangan fungsinya. Bahkan jika oksidasi telah berlangsung lama akan merusak sel DNA dan menjadi cikal bakal tumbuhnya sel kanker.

Radikal bebas dapat bersumber dari  berbagai macam bentuk. Secara umum radikal bebas dalam tubuh manusia dipengaruhi oleh dua faktor yaitu :

  1. Faktor Dari Dalam (Endogen). Hal ini berarti radikal bebas terjadi secara alami dalam tubuh sebagai hasil dari reaksi oksidasi pembentukan energi. Seperti yang kita  ketahui tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas. Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan pada saat metabolisme pembentukan energi. Radikal bebas juga terbentuk pada saat melakukan aktifitas berat maupun berolah raga yang berlebihan. Akibatnya tubuh secara alami akan membutuhkan oksigen yang banyak. Semakin berat aktivitas yang dilakukan, semakin besar juga energi yang dibutuhkan. Tentu saja,tingginya metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi memungkinkan banyaknya radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh. Jika  hal ini berlangsung terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada sel – sel tubuh.
  2. Radikal bebas dari luar (eksogen). Radikal bebas eksogen terjadi karena faktor dari luar, diantaranya lingkungan. Lingkungan hidup yang tidak sehat memang sejak dulu menjadi isu penyebab tingginya radikal bebas. Maraknya polusi udara yang ditimbulkan asap kendaraan, asap pabrik, serta pembakaran lahan yang menimbulkan terjadinya proses oksidasi yang tidak sehat dan menimbulkan serentetan mekanisme reaksi berbahaya dari radikal bebas. Oksidan dalam rokok mempunyai jumlah yang cukup untuk memainkan peranan yang besar terjadinya kerusakan saluran napas. Diperkirakan bahwa setiap hisapan rokok mempunyai bahan oksidan dalam jumlah yang sangat besar, meliputi aldehida, epoxida, peroxida, dan radikal bebas lain yang mungkin cukup berumur panjang dan bertahan hingga menyebabkan kerusakan alveoli paru. Jika anda sering melakukan aktifitas diluar ruangan, maka berhati – hatilah karena  matahari memancarkan sinar dengan radiasi panjang gelombang dengan rentang yang sangat lebar, tetapi yang masuk ke bumi dan mendapat perhatian khusus adalah sinar ultra violet yang memiliki energi cukup besar yang dapat memicu bahkan menimbulkan radikal bebas dalam tubuh terutama kulit.

Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan

Kenali Penyebab Radikal Bebas Dan Bahayanya Bagi Kesehatan
Kenali Penyebab Radikal Bebas Dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Sebenarnya radikal bebas dalam jumlah tertentu sangat diperlukan tubuh manusia karena merupakan bagian dari kekebalan tubuh. Tetapi jika jumlahnya terlalu banyak hal ini malah berdampak negatif pada sel tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dalam tubuh secara terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungannya, dan pada akhirnya bisa menyebabkan kematian sel. Akibat hilangnya kemampuan sel tubuh tersebut menjadi indikasi dari timbulnya berbagai macam penyakit. Penyakit yang ditimbulkan karena reaksi oksidasi yang terus menerus biasanya bersifat kronis seperti kanker, jantung koroner, stroke, Penuaan dini, dll.

Sel kanker terbentuk karena adanya perubahan gen pada sel tubuh secara tiba – tiba. Radikal bebas mampu menembus dinding sel yang normal lalu menyerang inti sel nukleus sehingga terjadi proses oksidasi dan perlahan menyebabkan sel mati. Sel yang mati itulah yang merupakan benih kanker.

Penyempitan pembuluh darah terjadi karena kolestrol dalam darah bereaksi dengan radikal bebas sehingga terjadi pengerasan. hal ini lah yang menyebabkan arteri darah mengalami sumbatan. Sumbatan tersebut bisa memicu terjadinya arteri koroner atau jika terjadi sumbatan pada pembuluh otak akan menyebabkan stroke.

Hal yang paling sering menjadi ketakutan kaum wanita ialah munculnya tanda penuaan dini. Meskipun pada normalnya manusia akan mengalami penuaan karena mengurangnya fungsi sel tubuh seiring bertambahnya usia, namun penuaan dini bisa menimpa siapa saja termasuk usia remaja. Ketika sel tubuh diserang radikal bebas akan menyebabkan reaksi oksidasi, secara perlahan sel normal menjadi rusak menjadi semakin banyak dan regenerasi sel tidak dapat menggantikan sel yang telah rusak sehingga muncullah tanda penuaan. Seiring  dengan banyaknya sel tubuh yang rusak, dengan sendirinya fungsi tubuh akan menurun.

Jadi, penting bagi kita untuk mengenali Penyebab Radikal Bebas Dan Bahayanya Bagi Kesehatan, supaya kita dapat melakukan pencegahan terhadap dampak buruknya serta senantiasa menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *